Saturday, December 6, 2014

Tentang Teknik Informatika Semester 1-2

selamat malam..

disini saya hanya ingin membuka pikiran saya sendiri tentang mengapa saya pindah dari IT (Information Technology) atau TI (Teknik Informatika) menuju DKV. mari dari sini kita sebut saja IT, karna kalo TI biasanya orang lebih tau teknik industri.

hal lain dalam post ini juga saya akan membahas sedikit dari sedikitnya beberapa pelajaran IT di semester 1-2 di kampus saya.


_________________________

PENGANTAR

sebenarnya gue udah pernah buat post tentang pindahan gue dari IT ke DKV waktu itu. tapi itu lebih kepada proses pindah nya, dan bukan alasannya. sedangkan disini, gue akan membuka sedikit informasi tentang pelajaran IT gue semester 1-2 di UMN (Universitas Multimedia Nusantara) yang membuat saya pindah. bukan karena susah atau gimana, tapi emang sejatinya saya sudah muak dengan pelajaran seperti itu dan ngga ada passion lagi semakin kebelakangnya. fyi (for your information), gue zaman SMA adalah mahluk yang 3 tahun itu diikutkan sekolah untuk mengikuti lomba pelajaran. 1 SMA di isi dengan olimpiade matematika dan kimia. 2 SMA di isi dengan olimpiade kimia. dan kelas 3 SMA di isi dengan olimpiade fisika. menang? engga lah (eh). oke, itu salah satu alasan kenapa gue pindah. gue ga ada passion. ga ada gairah. gue bosan dengan suasana kelas 12 tahun (SD, SMP, SMA) selama ini yang hanya mendengarkan guru, latihan, quiz, ulangan. dan semuanya harus mengikuti teori yang ada. mmh, mungkin saya emang ngga out of theory sejauh itu. gue tetap membutuhkan teori, tapi, yaa.. kayanya sih emang beda IT sama DKV. >> proceed

agak flashback waktu kelas 3 SMA, semua temen gue menebak gue bakal masuk DKV. kenapa? karena gue ngebuat BTS (Buku Tahunan Sekolah) di sekolah gue tercinta selama 2 tahun berturut-turut. tahun kakak kelas gue (design full gue, dibantu 2 kakak kelas dalam content) dan tahun kelulusan gue (design full gue). ditambah lagi, kalo di kelas gue keliatan sebagai mahluk yang suka duduk di paling belakang dan paling pojok. gambar. dan setiap ada project bikin film kelas, gue pasti ditunjuk buat ngedit video nya. dan kalo ade kelas ada yang minta bikinin video, pasti ke gue. mmm, mungkin itu perasaan gue aja bahwa gue merasa agak keren sedikit waktu SMA. walaupun waktu SMA gue jadi wakil ketua OSIS yang sepertinya agak kurang menyenangkan. >> satu yang gue bingung adalah ketika gue di IT kemarin, guru les gue bilang "pasti kamu DKV ya" entah karena rambut gue waktu itu udah agak gondrong atau karena gue masuk selalu telat pas ke tempat les. yang pasti di tempat les ngga pernah membuat aksi apapun.

okee, sedikit curhat lagi dari orang yang sudah salah jurusan.
flashback agak lama ke kelas 3 SMP. gue nganterin kakak gue buat OMB (Orientasi Mahasiswa Baru) di UMN. fyi, kakak gue IlKom UMN 2009. >> waktu itu sekitar jam 5 atau 6 pagi, gue nganterin kakak gue ke drop point, suatu tempat semua MaBa (Mahasiswa Baru) boleh diantar. waktu itu gue nanya ke kakak gue "itu yang baju nya hitam kenapa? yang baju orange kenapa?" gue belum nyadar kalo itu sebenernya warna kode prodi (Program Studi). hitam itu DKV, orange itu IT. gue nanya "DKV itu apa?" nyokap dan bokap gue menjawab "Desain Komunikasi Visual". dan mulai saat itu gue tau jurusan itu dan memutuskan untuk masuk jurusan itu. .. waktu terus berjalan sampai gue kelas 3 SMA. tiba-tiba pikiran gue berubah ketika nyokap ngomong bahwa peluang kerja IT itu besar. sedangkan DKV, persaingan sangat keras. entah kenapa waktu itu gue tiba-tiba ngomong ke guru gue bahwa gue pengen belajar sesuatu yang sudah pasti. ilmu pasti. jadi gue masuk ke IT.

_________________________

START

okee, mari sekarang kita membahas IT.. apasih IT itu? apa bedanya sama SI (Sistem Informasi)? ini pertanyaan yang umum gue denger dari anak SMA atau mahasiswa non IT dan SI.

gue bakal ngebahas apa yang telah gue lewati di kampus gue, UMN. IT itu, Information Teknologi, atau bahasa indonesianya Teknik Informatika. di sini kalian bakal di ajarkan bagaimana menjadi seorang programmer. bagaimana kalian membuat sebuah program, software, dsb. bagaimana kalian menciptakan atau memelihara sistem, database, dsb.

bedanya dengan SI adalah, di SI, kita lebih belajar ke bisnis nya. jadi, kalo sependengaran gue sih SI itu adalah mahluk yang menghubungkan antara klien dan orang IT. jadi IT itu pelajaran programming nya lebih kuat dari SI. SI itu istilah kasarnya cuma belajar intinya programming sajah. kalo di SI ada matematika bisnis, di IT ada Kalkulus. (di beberapa kampus, SI ada kalkulus). apasih kalkulus itu?


maaf, karena rumus bisa merusak post saya :p jadi saya membahas lewat karya typography. pokoknya kalkulus adalah semua pelajaran matematika paling susah yang dijadikan satu (kayanya).

_________________________

SEMESTER 1

mari dilanjut ke pelajaran IT yang lainnya. selain kalkulus yang waktu itu nilai saya B (68-80) tadi, ada matematika diskrit yang nilai saya juga B. jadi di Matematika Diskrit ini kita belajar logika matematika dalam versi kompleks nya, karena programming itu basicnya pasti logika matematika (dan, atau, implikasi, biimplikasi, dsb). disini juga diajarin sedikit djikstra algorithm yang saya sampai sekarang kurang mengerti. oke, kita lanjutkan.

ada juga pelajaran PTM (Pengantar Teknologi Multimedia) yang nilai saya juga B. sebenernya PTM diajarkan di beberapa jurusan, tapi gue ngebahas dikit. bahwa mata kuliah ptm ini membahas tentang teknologi multimedia (?). apasih multimedia itu? bagaimana perkembangan teknologi dari jaman dulu sampai sekarang? bagaimana perkembangan internet? dulu siapa yang menggunakan internet? apa saja jenis internet? apa saja hardware komputer? apa fungsi processor? RAM dan ROM? sebenarnya ilmu ini sudah diajarkan di sekolah yang ada pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) atau pelajaran komputer, simple nya.

selanjutnya ada pelajaran Algoritma dan Pemrograman yang nilai saya juga B. ini satu-satunya pelajaran programming yang ada di semester 1 gue waktu itu. di UMN, kita menggunakan aplikasi atau compiler bernama Dev C++. Algoritma. Pemrograman. sedikit menarik untuk kita bahas dalam.

Algoritma dan Pemrograman disini mempelajari tentang :
–Definisi Algoritma
–Tahap Pengembangan algoritma
–Penyajian algoritma
–Menulis Pseudocode
–Contoh Algoritma dengan Pseudocode
–Membuat Flow Chart
–Contoh Algoritma dengan Flow Chart
–Kriteria Algoritma Yang Baik
–Teorema Terstruktur

algoritma itu adalah sekumpulan langkah-langkah terbatas untuk mencari solusi suatu masalah. yang nantinya bisa dijadikan flowchart (bagan logika langkah), atau pseudocode (kalimat logika).

menurut saya orang IT itu lucu, dimana kita menterjemahkan sarapan pagi ke sebuah logika.

Mulai
    Ambil piring
    Masukkan nasi dan lauk dalam piring
    Ambil sendok dan garpu
    Ulangi
        Angkat sendok dan garpu
        Ambil nasi dan lauk
        Suapkan ke dalam mulut
        Taruh sendok dan garpu
        Kunyah
    Sampai (nasi dan lauk habis) ATAU kekenyangan
    Bereskan piring, sendok dan garpu
Selesai


lucu kan? hahaha contoh lain :

IF Hari=1 THEN 
    Cetak “Senin”
ELSE
    Cetak “Bukan hari Senin” 

berikut penjelasannya :
Tulisan “Senin” akan ditampilkan jika Hari bernilai 1, jika tidak maka tulisan “Bukan hari Senin” yang akan ditampilkan.

itu pertemuan pertama loh. pertemuan ke 12 nya gini : 

#include <stdio.h>
int main(void)
{
    FILE *fp;
    int Arr[]={1,2,3,4,5};
    fp=fopen("test.dat","w");
    if(fp==NULL){
        printf("File test.dat tidak bisa di create\n");
        exit(1);
    }
    fwrite(Arr,sizeof(Arr),1,fp);
    fclose(fp);
    return 0;
}

diluar itu, gue pernah ngepost tentang algoritma running text di bahasa C. coba diliat post sebelumnya :D

>> oke keluar dari pelajaran algopem, ada mata kuliah dasar umum di semester 1 yaitu Bahasa Inggris 1, Religiositas, dan Pengantar Manajemen dan Bisnis, yang mana nilai saya pun B semua.

_________________________

SEMESTER 2

oke, masuk ke semester 2 dimana pelajaran tadi merembet. semester 2 di IT UMN saat itu mengandung mata kuliah yang cukup membuat saya sangat jenuh.

mata kuliah yang pertama membuat muak adalah Kalkulus 2. jadi, kalkulus di semester 1 masih berlanjut dan semakin tidak menyenangkan (menurut saya) di semester kedua ini. 

selanjutnya ada mata kuliah Aljabar Linear. apa itu? aljabar linear disini mempelari tentang matriks. bagaimana proses matriks bisa menyelesaikan banyak permasalahan. misal, membuat atau membaca barcode, membuat GPS juga pake aljabar linear (katanya), encryption, dsb. >> jadi pada aljabar linear ini sebenernya intinya kita mempelajari operasi eliminasi Gauss, Gauss-Jordan, faktorisasi LU, dan lain-lain. bagaimana menyederhanakan sebuah matriks, bagaimana mencari penyelesaian dari matriks, apakah matriks A merupakan kombinasi matriks B dan C? atau sebaliknya atau yang lainnya.

meloncat dari mata kuliah itu, ada mata kuliah lagi yang namanya Sistem Digital yang mana kita mempelajari perangkaan dalam biner, oktal, dan heksadesimal. yang biasanya kita cuma mempelajari bilangan desimal. buat contoh aja, kita ambil desimal (basis=10) dari angka 25. 

desimal = 25
biner (basis=2) = 11001 yang mana prosesnya :

25 : 2 = 12 .. sisa 1
12 : 2 = 6   .. sisa 0
6   : 2 = 3   .. sisa 0
3   : 2 = 1   .. sisa 1
1   : 2 = 0   .. sisa 1

dibaca sisanya dari bawah keatas , 11001

oktal (basis=8) = 31 yang mana prosesnya dari desimal :

25 : 8 = 3 .. sisa 1
3   : 8 = 0 .. sisa 3

dibaca dari belakang, 31. atau jika dibaca dari biner :

011001. dibaca per 3 angka biner. 011 = 3, 001 = 1. gausah dipikirin. skip aja

heksadesimal sebenernya sama, cuma basisnya 16 (1,2,3,4,5,6,7,8,9,A,B,C,D,E,F), jadi dibagi 16 dari desimal atau diambil per 4 angka dari biner.

itu baru pertemuan pertama Sistem Digital, yang nantinya kita di mata kuliah ini juga akan belajar membuat 7 segmen (macam angka digital) menggunakan breadboard, IC, dan kabel-kabel serta apalagi itu peralatan yang saya lupa semua namanya. IC sendiri ada banyak macemnya yang mana fungsi logika nya beda beda. IC disini terdiri dari 14 kaki, yang ngga boleh salah kaki kalo nggamau salah logika. masih banyak lagi pelajaran di mata kuliah ini (jelas, lah..).

okee, jangan pusing dulu karna setelah ini ada mata kuliah Struktur Data. yak, mata kuliah lanjutan Algoritma dan Pemrograman. masih belajar bahasa C (bukan C++, bukan C#). bedanya bahasa C dan C++ atau C# adalah, bahasa C masih menggunakan procedural programming, sedangkan yang 2 itu menggunakan object oriented programming. >> di sini logika kita jauh lebih dilatih dibanding di Algoritma dan Pemrograman. karna disini kita sudah disuruh ngebuat program-program gokil seperti perkalian matriks, program penghitung apa-apa, coding per-pertemuan sudah mencapai sekitar 80 baris (beberapa program). just so you know, dalam pemrograman, kita kurang tanda titik koma (;) atau kurang tanda kurung, salah huruf kapital, spasi, angka, underscore, adalah kesalahan fatal dimana program ngga akan bisa jalan. 

lebih spesifik dari mata kuliah ini, kita belajar alur perjalanan data pada setiap perintahnya. jadi pada komputer itu terbagi menjadi 2 memori, yaitu local stack memory dan heap memory. kita dihimbau untuk lebih menggunakan heap memory daripada local stack memory. untuk memasukkan ke heap memory, kita harus menggunakan perintah alokasi memori. sedikit ngebahas local stack memory itu melepas memori setelah program ditutup, sedangkan heap memory itu melepas data setelah perintah dealokasi memori. yaa.. gitu deh kenapa heap memory lebih baik digunakan lebih banyak dibandingkan local stack memory. biar waktu yang memberi tau anda (?) :D.

mata kuliah berbasis IT terakhir yang dipelajari di IT adalah Metode Perancangan Program. disini kita semacam mempelajari lebih lanjut atau lebih detail tentang pemrograman. bagaimana alur pemrograman yang bener. bagaimana kita membuat rancangan program di sebuah kertas yang harus kita desk check hasil logikanya sendiri, dan baru dijadikan algoritma yang kemudian baru dijadikan program. jadi di mata kuliah ini, setiap kelompok mahasiswa harus membuat 1 projek besar untuk akhir pertemuan. kelompok gue ngebuat program chord gitar. well, sebenernya gue one man show. dari laporan dan program gue yg buat, karna (maaf) temen gue selalu mengajak mengerjakan tugasnya namun tak pernah ada aksi, dan gue sejujurnya kurang bisa mengkoordinasi manusia. jadi saya memutuskan untuk membuat program itu untuk nilai mereka, karna sejatinya waktu itu gue udah berniat pindah jurusan, yang mana nilai pelajaran IT semua ngga bakal ada yang kepake, yang di eksport cuma nilai mata kuliah dasar umum.

ini cuplikan hasil koding 400an baris gue.


sengaja ngga nongolin algoritma nya takut dicontek :p pokoknya setiap nada punya angka sendiri-sendiri sebagai kode nada yang diolah oleh major, minor, dsb untuk menghasilkan nada selanjutnya yang kemudian menuliskan penjelasan chord, dan menggambar sendiri chord nya dengan warna nya.

sekian.

yak itulah pelajaran IT UMN di semester 1-2. diluar pelajaran tadi juga ada mata kuliah dasar umum yaitu Kewarganegaraan dan Bahasa Inggris 2.

_________________________

SARAN

saran dari gue sebenernya cuma sedikit. karna gue juga belum terbang banyak.

coba deh pikirkan lagi jurusan yang kalian minat. kalo bisa, cita-cita kalian dari awal bener-bener dipertimbangkan dibanding peluang kerja yang banyak. karna kalian bisa sukses dengan melakukan maksimal apa yang kalian bisa. bukan melakukan yang banyak orang bisa. coba juga pikirkan apa yang kalian inginkan. kalo kata om Deddy Corbuzier - kadang durhaka tak selamanya salah . ini salah satu post di soundcloud Deddy Corbuzier yang saya kagumi.

"ada satu syarat jadi orang tidak sukses, yaitu membuat semua orang disekitar anda bahagia.. you can't make everybody happy on you" 

coba sambungi cita-cita kalian dari awal. ide yang tiba-tiba datang di akhir-akhir tentang jurusan kuliah harap dipikirkan lebih jauh lagi. coba cari apa aja sih yang dipelajari? kalo udah lulus jadi apa? cocok ngga sama cita-cita? 

percayalah anda akan bahagia ketika hobby anda menjadi sesuatu yang menghasilkan uang. "let what you love be what you do". kalo bisa ambil jurusan yang kalian bener-bener pengen ambil, yang kalian suka. bukan yang kalian bisa, tapi ngga ada passion lebih. karna, percayalah anda kemungkinan besar akan bekerja di bidang anda nanti dan seterusnya. ambil contoh dari kasus gue, IT. kenapa gue pindah? karna gue ngga bisa ngeliat diri gue di IT. gue nggabisa ngeliat hidup gue dalam benak gue bagaimana gue bekerja sebagai programmer. semacam 'ngga gue banget' gitu. gue ngeliat warna abu-abu di masa depan IT gue. dalam artian gue ngga nemuin warna mencolok dan cukup menarik di IT, yaa, mungkin gue salah tentang masa depan gue, siapa yang tau? gue hanya menjalankan apa yang gue suka. dan akan sangat bahagia jika yang gue suka bisa membuat gue sukses atau minimal hidup berkecukupan. daripada gue harus terjamin kaya di bidang yang membuat hidup gue stress setiap hari. mungkin kata-kata gue ini agak kurang laki-laki sebagai tulang punggung keluarga. sekali lagi, mungkin. tapi, toh saya juga manusia yang punya kehidupan saya sendiri dan tidak melulu harus menuruti kata orang. bagaimana jika kehidupan saya yang kali ini lebih bahagia dari mereka yang (maaf) 'asal kaya'? bagaimana juga jika kehidupan orang yang 'asal kaya' malah lebih bahagia dari saya yang menjalani apa yang saya suka, namun tidak berpeluang mendapat penghasilan? 

pikirkan matang-matang bahwa jurusan tidak hanya soal pekerjaan, tapi tentang kehidupan. ingat. kalian hidup. kalian bernafas, untuk apa?

maaf kalo terdengar sok tau, saya bukan motivator atau semacamnya, saya hanya sharing pengalaman salah jurusan saya yang saya pikir akan bermanfaat untuk sebagian orang. :) karna "orang bijaksana adalah orang yang belajar dari kesalahan. bukan kesalahan sendiri, melainkan kesalahan orang lain. hidup kalian tidak cukup panjang untuk melakukan semua kesalahan itu"

_________________________

hoaah 12:17. mau makan martabak dulu terus tidur



No comments:

Post a Comment